Friday, April 19, 2013

Book Review about Law of the Sea

Nama buku : Islamic Maritime Law
Judul artikel: An Introduction, Studies in Islamic Law and Society (Leiden: E. J. Brill, 1998).
Sumber review: ANVERM. EMON, Department of History, University of California, Los Angeles


Berdasarkan pada review dari ANVERM. EMON, Department of History, University of California, Los Angeles, bahwa artikel yang ditulis oleh Hassan Khalilie menjelaskan tentang survey yang telah dilakukan selama 4 abad terhadap hukum maritime islam pada daerah mediterania.

Menurutnya (Hassan) bahwa Al-Qur’an, Assunah dan ilmu fiqih yang merupakan sumber dari abad 1 dan 2 itu diam saja pada aturan para pelaut. Dalam beberapa sumber dokumenter yang utama itu, ada beberapa dokumen yang menunjukkan awal dari apa yang terjadi pada supremasi pembentukan angkatan laut islam di mediterania.
Saat dia mempelajari ini, dia tidak memilih milih untuk sekolah hukum islam pada mazhab tertentu melainkan dia mengikuti tradisi yang ada pada Sunni, Shii, Khariji, dan sekolah Ibadah lainnya.

Dia memfokuskan pada daerah mediterania sehingga dia memberi perhatian Khusus pada sekolah maliki. Lalu dia menganut faham dari Abraham Udovitch (berasal Kemitraan dan Laba di Medi-eval Islam) yang selanjutnya dengan menggunakan sumber-sumber sejarah seperti dokumen Geniza, catatan perjalanan, dan risalah navigasi untuk mengatasi daerah-daerah sekitar yang masih terkena tradisi diam (Hukum yang bersumber dari Islam itu masih kalah dari aturan para pelaut.

Dibuku ini juga, beliau mendeskripsikan semua kata pelayaran dengan jelas dan dari bahasa arabnya juga. Disini secara halus dia berbicara bahwa ia menunjukkan bahwa hukum maritim Islam mungkin menjadi kelanjutan dari Mediterania hukum laut, seperti hukum Laut Rhodian di Justinian Digest, yang ada sebelum Islam mendominasi di daerah Mediterania.

No comments:

Post a Comment